Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji langkah-langkah model pembelajaran Index Card Match berbantuan software MAPLE dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelas kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan, dengan teknik purposive sampling diambil dua kelas sebagai sampel. Ciri khas dari model gabungan ini adalah siswa membuat soal sendiri beserta jawabannya di kartu yang terpisah, sehingga setelah kartu tersebut dikumpulkan dan diacak, siswa diminta menemukan soal dan jawaban yang cocok. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan rataan kemampuan awal pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen sama dengan rataan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,212. Namun setelah perlakuan, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 3,38 dan p-value -2,563 dengan asymp.sig 0,010, penolakan untuk H0 yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Copyrights © 2021