Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Pengajaran MIPA

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN ENERGI LISTRIK DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI LESSON STUDY

H, Mr Ahmad (Unknown)
K, Mrs Kokom (Unknown)
Kunkun, Mr (Unknown)
Wartini, mrs (Unknown)
S, Mr Maman (Unknown)
J, Mr Dedi (Unknown)
Trisnahada, Mr (Unknown)
Kosasih, Mr (Unknown)
N, Mrs Hera (Unknown)
S, Mr Iyon (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2007

Abstract

Melalui kegiatan lesson study di sub rayon 4 Situraja Telah dikembangkan modelpembelajaran perubahan energi dengan pendekatan pembelajaran kooperatif TipeffCSeW. Sebagai altematif solusi pennasalahan sulitnya mengarahkan perhatiansiswa, mengaktifkan siswa, keterbatasan waktu dibandingkan jumlah materi yangharus disajikan, meningkatkan kemampuan siswa kelompok rendah. Pada tahappersiapan dikembangkan rancangan lima kegiatan utama dalam pembelajaranbemonstrasi, da macam eksperimen, identifikasi berbagai alat yang menggunakanenergi listrik dan presentasi hasil kegiatan beserta alat, LKS, dan evaluasinya. Hasilyang-dicapai modil ini dapat mentbuat suasana pembelajaran yang menyenangkan,merigaktifkan sebagian besar siswa (80%) dan ketuntasan pencapaian prestasibelaj-ar kognitif amat baik (85 %). Melalui Lesson study para guru dapat salingbelajai. daiarir mengatasi berbagai masalah pembelajaran dan peroblema belajarsiswa. Ada prinsif kibersamaan dalam lesson studi sehingga setiap guru tidak salingmenghakimi tapi saling toleransi dalam menyampaikan masukan pada kegiatanrefleksi.Kata Kunci : Lesson study, JIGSAW

Copyrights © 2007