Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Cupel, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, dengan jumlah sampel 52. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 8,35 > Ftabel = 3,18. (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 4,16 > Ftabel = 3,18. (3) hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh Fhitung = 6,69 > Ftabel = 3,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pola asuh orang tua berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana secara terpisah maupun simultan.               Kata kunci: motivasi belajar, pola asuh orang tua, hasil belajar IPA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019