Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli 2020

Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD

Sagitarini, Ni Made Dwi (Unknown)
Ardana, I Ketut (Unknown)
Sri Asri, I Gusti Ayu Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengkaji pengaruh model Experiential Learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas IV dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 204 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda biasa, kemudian dilaksanakan perhitungan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov serta uji homogenitas varians menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji-t polled varians.  Hasil perhitungan memperoleh rata – rata 69,421 pada kelompok eksperimen dan rata –rata 64.000 pada kelompok kontrol, serta dipeoleh thitung = 2,400 > ttabel 1,993 dengan taraf signifikansi = 5% dan dk = 36+38–2 = 72 , maka dari itu diperoleh keputusan Ho ditolak, , sehingga disimpulkan bahwa model Experiential Learning berbantuan media konkret berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...