Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2021): Maret 2021

Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP

Endrizal, Endrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method Research) dengan jumlah responden penelitian 36 orang, informan data kualitatif 8 orang sedangkan data kuantitatif menggunakan total sampling sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yautu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,80%). Komponen masukan tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (81,70%). Komponen proses tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,62%), dan komponen hasil tergolong kategori cukup dengan perolehan persentase (76,28%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor sudah berada pada kategori baik, tetapi beberapa aspek masih terdapat kekurangan, maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang optimal harus lakukan perbaikan terhadap aspek tersebut. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...