Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada pembelajaran daring, khususnya pada media dan alat evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Multimedia Online pada muatan pelajaran IPA. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh dengan presentase sebagai berikut ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 90,00 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 87,50 dengan kualifikasi baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 92,67 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia Online ini layak digunakan pada muatan pelajaran IPA kelas V.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021