Mulai menurunnya kualitas kenerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal seperti gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi yang dimiliki oleh seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan transformasional kepala kekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Dengan jumlah populasi penelitian 32 orang guru sekolah dasar. Teknik pengembilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total yakni menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memberikan angket/kuisioner kepada sampel serta melakukan pencatatan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan teknik regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung =0,723 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 52%, terdapat kontribusi yang signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 0,735 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 54%, terdapat kontribusi yang sigmifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 31,207 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru.
Copyrights © 2021