Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 1 (2022): Maret 2022

Authentic Materials Used by Senior High School English Teachers

Semara Putra, Gusti Bagus (Unknown)
Padmadewi, Ni Nyoman (Unknown)
Santosa, Made Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Beberapa guru bahasa Inggris telah menggunakan bahan otentik dalam mengajar bahasa Inggris. Dari sudut pandang guru, penggunaan bahan otentik baik untuk perkembangan belajar bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan materi otentik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar oleh guru bahasa Inggris. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini berbentuk studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 3 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, checklist observasi, dan analisis dokumen sebagai instrumen. Prosedur pengumpulan data dimulai dari observasi di kelas hingga analisis dokumen, wawancara menggunakan pedoman wawancara, dan observasi kelas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif yang terdiri dari mengorganisasikan data, memberikan kode, mendeskripsikan dan mengembangkan tema, melaporkan temuan, mengnterpretasi, dan memvalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, ada tiga jenis materi otentik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu Video Kartun, Slide dan Brosur. Kedua, terdapat tiga strategi pembelajaran. diimplementasikan pada penggunaan materi otentik dalam kegiatan belajar mengajar yaitu: pembelajaran bahasa komunikatif, pembelajaran berbasis masalah dan instruksi berbasis isi. Ketiga, jenis penilaian yang digunakan oleh guru adalah penilaian formatif, penilaian sumatif, dan penilaian berbasis proses. Artinya, berbagai kegiatan dengan metode yang sesuai dan materi otentik yang digunakan dilakukan untuk mengembangkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...