Journal of Educational Research and Evaluation
Vol 1 No 4 (2017): November

STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN STMIK STIKOM INDONESIA

setiawan, i made dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah efektifitas pengelolaan perpustakaan di perpustakaan STMIK STIKOM Indonesia ditinjau dari segi Context, Input, Process, dan Product, serta kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program dan yang mungkin terjadi jika program dilanjutkan. Penelitian ini akan dilakukan di Perpustakaan STMIK STIKOM Indonesia dengan melibatkan ketua STIKI, pustakawan, dosen, dan mahasiswa. Penentuan responden ditunjuk secara stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ex post facto, dan data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif-kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan formula T skor yang selanjutnya dikonversi ke dalam Kuadran Glickmann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks, input, proses, dan produk menghasilkan kategori positif (+ + + +) yang masuk ke dalam kuadran I (sangat efektif). Pada komponen konteks, input, dan proses terdapat kendala kurang efektif pada responden kepala perpustakaan dan pustakawan, sedangkan pada komponen produk tidak ditemukan kendala.     

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JERE

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Evaluation (JERE) is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...