International Journal of Community Service Learning
Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017

MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK REMAJA PENGGIAT LITERASI MEDIA MELALUI EDUKASI DAN FASILITASI TEKNOLOGI

Setyaningsih, Rila (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Asy’ari, Nur Aini Shofiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2017

Abstract

Kegiatan literasi media yang lebih massif sangatlah penting dilakukan. Berdasarkan pengamatan di lapangan oleh tim pengabdian, kegiatan literasi media masih menemui beberapa kendala terkait minimnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pelaksanaan literasi media itu sendiri. Di sisi lain perlu adanya penggiat literasi media yang mampu membuat sebuah sistem sehingga kegiatan literasi media dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan berkelanjutan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, tim pengabdian telah merancang strategi dengan membentuk kelompok remaja penggiat literasi media yang terdiri dari para mahasiswa di Karesidenan Madiun (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo). Langkah selanjutnya berupa edukasi tentang literasi media dalam bentuk TOT (training of trainers) dan fasilitasi teknologi. Dengan terbentuknya kelompok tersebut, diharapkan kegiatan literasi media dapat berjalan lebih massif, berkelanjutan, dan terkontrol. Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) terbentuknya kelompok penggiat literasi media, (2) Literasi media lebih dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat semakin cerdas dalam bermedia. Hasil dari kegiatan ini berupa terbentuknya kelompok remaja penggiat literasi media di Karesidenan Madiun yang kegiatannya melakukan sosialisasi literasi media di berbagai sekolah dan kelompok masyarakat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJCSL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to ...