Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 9, No 2 (2007): Jurnal Pengajaran MIPA

PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU FISIKA DALAM PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Kaniawati, Ida ( Jurusan Pen.Fisika)
Utari, Setiya ( Jurusan Pen.Fisika)
Suyana, Iyon ( Jurusan Pen.Fisika)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2007

Abstract

Dalam artikel ini memuat hasil penelitian yang mengungkap profil kemampuan mengajar calon guru fisika dalam melaksanakan PPL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jumlah subjek penelitian 12 orang calon guru fisika di 6 sekolah tempat PPL. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket diperoleh  profil kemampuan calon guru fisika adalah sebagai berikut: kemampuan calon guru dalam mengajar masih berada pada katagori rendah, terutama kemampuan calon guru dalam melakukan apersepsi dan penggalian konsepsi awal, dan memotivasi siswa, kemampuan merancang percobaan, mengelola kelas, mengaktifkan siswa untuk bertanya dan mengemukakan gagasan,  mengelola  waktu,  mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari, serta kemampuan  calon guru dalam menutup pembelajaran terutama dalam melakukan refleksi. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi adalah pengelolaan kelas dengan jumlah siswa (+ 45 orang), menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi, mengembangkan penilaian proses dan mengembangkan media dengan alat dan bahan yang sederhana.Kata kunci:  Program Pengalaman Lapangan (PPL), Profil Kemampuan Mengajar, Calon Guru Fisika.

Copyrights © 2007