Journal of Education Action Research
Vol 3 No 2 (2019): May 2019

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Teams Games Tournament

Yuliana, Nabila (Unknown)
Wardani, Naniek Sulistya (Unknown)
Prastyo, Tego (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peningkatan motivasi belajar tematik dapat diupayakan melalui PI-TGT yang diterapkan pada siswa kelas II SD, (2) bagaimanakah langkah-langkah PI-TGT dapat meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas II. Subyek penelitian adalah siswa kelas II sejumlah 28 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan instrumen lembar observasi motivasi belajar. Teknik analisis data adalah teknik persentase yakni membandingkan motivasi belajar melalui PI-TGT antar siklus. Hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar, yang diupayakan melalui PI-TGT, yakni siswa yang memiliki motivasi belajar sebanyak 54% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 77% dari seluruh siswa di siklus 2. Peningkatan motivasi belajar sebesar 25% dari seluruh siswa. Motivasi belajar meningkat melalui PI-TGT dengan langkah (1) menyimak tujuan pembelajaran, (2) menyimak materi pembelajaran, (3) membentuk 4 kelompok @7 siswa, (4) diskusi untuk mengidentifikasi masalah, (5) mempresentasikan dan memberikan tanggapan rumusan masalah, (6) mengajukan hipotesis, (7) mendemonstrasikan dalam game, (8) turnamen untuk menguji hipotesis, (9) membuat kesimpulan, dan (10) memberi penghargaan kelompok. Saran yang diberikan diharap guru dalam mendesain pembelajaran mengunakan PI-TGT agar motivasi belajar siswa meningkat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...