Journal of Education Action Research
Vol 5 No 3 (2021): August 2021

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual

Sugiyanto, Sugiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Paradigma terhadap pembelajaran matematika yang terkesan menyeramkan serta kurangnya kemampuan guru dalam memilih metode serta pendekatan pembelajaran yang tepat, berakibat pada rendahnya prestasi belajar matematika siswa sekolah menengah pertama. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tidakan kelas dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan melalui dua kali pertemuan tatap muka. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yakni test prestasi belajar Matematika yang telah disusun pada bagian lampiran RPP dan untuk menganalisis data hasil penelitian menggunakan Metode analisis data deskriptif kuatitatif, dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan prosentase ketuntasan belajar klasikal. Perhitungan rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal setiap kali pertemuan dengan memanfaatkan rumus pada program aplikasi excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I terjadi peningkatan persetase dari 53,33% menjadi 60,00 %. Oleh karenan hasil penelitian siklus-1  belum memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian dilanjutkan pada siklus-2 dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terlihat pada siklus-1. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar matematika dengan persentase ketuntasan belajar menjadi 86,67 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...