Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI berjumlah 34 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengambilan data penelitian pada aspek sikap dan keterampilan adalah nontes dan data penelitian aspek pengetahuan menggunakan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus-1 pencapaian ketuntasan klasikal pada aspek sikap 76,47%, aspek pengetahuan 82,85%, dan aspek keterampilan 85,29%. Sedangkan pada siklus 2 pencapaian ketuntasan klasikal sebagai berikut: ketuntasan klasikal pada aspek sikap 85,29%, aspek pengetahuan 94,12%, dan aspek keterampilan 88,24%. Maka, penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI. Implikasi penelitian ini diharapkan pendekatan pembelajaran saintifik dapat dijadikan salah satu rujukan oleh para guru untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik.
Copyrights © 2021