Pembelajaran IPA, merupakan proses pembelajaran yang menekankan terhadap pengenalan lingkungan dan alam sekitar. Hanya saja pada tahap pelaksanaanya guru belum mampu untuk mengenalkan lingkungan dengan maksimal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui problem based instruction dengan Media Visual pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian yakni sebanyak 21 orang siswa. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,59 atau sebesar 73,56% (sedang), siklus II meningkat menjadi 25,19 atau sebesar 89,97% (sangat tinggi). Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,62 atau sebesar 71,43% mengalami peningkatan 23,81% dari kondisi awal. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,76 atau sebesar 85,71% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,28% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based instruction dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus.
Copyrights © 2021