Journal of Education Action Research
Vol 6 No 1 (2022): February 2022

Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD

Suandi, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Kurangnya sarana penunjang kegiatan pembelajaran seperti alat peraga yang belum memadai mengakibatkan pembelajaran Matematika tidak dapat menarik perhatian siswa. Hal ini akan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD sebanyak 24 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi awal, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 57,9 dan ketuntasan klasikal 58,3%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59,5 dan ketuntasan klasikal 70,8%, artinya terdapat peningkatkan sebesar 1,6 poin. Pada Siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,1. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus sebelumnya sebesar 14,2 poin dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Maka, pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelompok Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...