International Journal of Elementary Education
Vol 1 No 1 (2017): February

IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Renda, Ndara Tanggu (Unknown)
Garminah, Ni Nyoman (Unknown)
Karmila Dewi, Dewa Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD No. 1 Petandakan, setelah diterapkannya metode diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam bentuk siklus-siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap rencana, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD No. 1 Petandakan pada yang terdiri dari 21 orang siswa. Data aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda dan uraian yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan kategori pasif pada refleksi awal, menjadi sebesar 6,04 pada siklus I yang tergolong kategori cukup aktif, dan mengalami peningkatan 1,57  menjadi 7,61 pada siklus II yang tergolong kategori aktif. (2) Terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 59% mengalami peningkatan 9,33% pada siklus I menjadi sebesar 68,33%, dan mengalami peningkatan sebesar 11,67% menjadi sebesar 80% pada siklus II. (3) Terjadi peningkatan pada ketutasan belajar siswa dimana pada refleksi awal sebesar 14,28% mengalami peningkatan 52,39% menjadi sebesar 66,67% pada siklus I , dan mengalami peningkatan kembali menjadi sebesar 85,71% pada siklus II.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...