International Journal of Elementary Education
Vol 1 No 1 (2017): February

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V

Wibawa, I Made Citra (Unknown)
Sukmayasa, I Made Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V semester II SD No. 2 Petandakan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Data tentang hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis dengan metoda deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 62,64 dengan ketuntasan belajar 71,43%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 66,93 dengan ketuntasan belajar 78,57%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,07 dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan diberikan bimbingan secara intensif maka tampak peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,43 dan ketuntasan belajarnya pun meningkat sebesar 28,57%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...