Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelass IV SDN Tambakrejo 02 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk rata-rata nilai tes sebelum diberi perlakuan menggunakan strategi Team Quiz dan media teka teki silang adalah 54,87 dengan 3 siswa dinyatakan tuntas dan 29 siswa dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan strategi Team Quiz dan media teka teki silang nilai rata-rata posttest adalah 83,19 dengan jumlah siswa 32 dinyatakan tuntas sedangkan hasil nilai aktivitas siswa pertemuan I nilai rata-rata 50,625 dan meningkat di pertemuan III dengan rata-rata 77,812. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang.
Copyrights © 2019