Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan kegiatan berpikir tingkat tinggi (HOT) dalam Tema 8 Subtema 1 di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu (1) analisis (analisis), (2) desain (desain), (3) pengembangan (pengembangan), (4) implementasi (implementasi), dan (5) evaluasi (evaluasi) ), tetapi penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan karena waktu yang terbatas dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penilaian produk adalah memberikan lembar penilaian kepada pakar pembelajaran, yaitu dua guru dan dua dosen. Produk yang dikembangkan adalah 1 silabus, 6 rencana pelajaran, dan 6 lembar kerja siswa. Nilai rata-rata validitas setiap perangkat pembelajaran adalah silabus 4,60 dengan kualifikasi sangat baik, rencana pelajaran keseluruhan adalah 4,74 dengan kualifikasi sangat baik, dan keseluruhan lembar kerja siswa adalah 4,77 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis ini, dapat dikatakan bahwa pengembangan alat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas HOT dinyatakan valid.
Copyrights © 2019