Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 1 No 4 (2017): November 2017

PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS II SDN 3 BANJAR JAWA

Ningsi Soisana Lakilaf (universitas pendidikan ganesha)
I Made Suarjana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa  setelah penerapan model pembelajaran Think-Pear-Share bermediakan gambar pada siswa kelas II Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 silklus,  setiap siklus  terdiri dari 2 pertemua, dengan tahapan yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa  dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share bermedia gamabar diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan hasil presentasi mendeskripsikan secara tertulis sebelum pelaksanaan tindakan 27%, siklus I 77% dan Siklus II 90 %. Pembelajaran dengan menerapkan model Think-Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model Think- Pair-Share bermedia gambar dapat meningkatkan keterampilan  menulis siswa kelas II SD Negeri 3 Banjar Jawa,. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya guru lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...