Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan metode tutor sebaya, pelaksanaan metode tutor sebaya dan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan data berupa informasi yang berdasarkan temuan-temuan di lapangan. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Kembangarum 4 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sample yang diambil adalah 4 siswa yang menjadi tutor dan 4 siswa yang di bimbing, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif fenomenologis. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dengan bukti nilai rata-rata siswa kondisi awal 59,42 meningkat menjadi 78,19 setelah diterapkan metode tutor sebaya. Â Melaui perencanaan penerapan metode tutor sebaya guru sebelumnya mengenali karakteristik siswa sehingga guru memilih untuk menerapkan metode tutor sebaya. Dalam pelaksanaan guru memberikan intruksi kepada siswa sebelum menerapkan metode tutor. Siswa yang dianggap pandai dipilih sebagai tutor. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penerapan metode tutor sebaya dapat berlangsung lebih efektif.
Copyrights © 2019