Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3 No 3 (2019): Agustus 2019

Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Indah Mustikasari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Supandi Supandi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Aries Tika Damayani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V. Peneliti menggunakan Pre-Eksperimental design yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menggunakan semua siswa kelas V di SD yaitu 30 siswa. Peneliti menggunakan tes tertulis sebagai intrumen penelitian. Data dihitung menggunakan uji-t juga didukung dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...