Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 4 No 1 (2020): February 2020

Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar

Nazalat Rohmatul Maula (Universitas Ahmad Dahlan)
Laila Fatmawati (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) berbasis STEM. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan literasi dasar peserta didik kelas IV sekolah dasar pada tema 9 subtema 2 pembelajaran 1. Penelitian pengembangan yang digunkanadalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penilaian yag didapat dari uji validasi ahli memperoleh rerata 92,80. Hasil yang diperoleh dari respon guru mendapat rerata 80. Adapun yang dihasilkan dari penilaian peserta didik yaitu uji coba kelompok kecil memperoleh rerata 93,33 dan uji coba kelompok besar memperoleh rerata 90,74. Berdasarkan data yang diperoleh dari penilaian uji validasi ahli serta uji coba lapangan yaitu guru dan peserta didik memperoleh rerata 88,28. Apabila dianalisis menggunakan data kuantitas, maka media kayaku berbasis STEM menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Apabila dianalisis menggunakan data kualitatif, maka media kayaku berbasis STEM menunjukkan bahwa media menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik, melatih membaca dan pemahaman peserta didik, serta menumbuhkan inovasi bagi guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...