Mimbar Ilmu
Vol. 23 No. 3 (2018): Desember

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SD

Oktafrianto . (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)
Stefanus C Relmasira (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)
Agustina Tyas Asri Hardini (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan pemecahan masalah  siswa yang masih rendah di SD Negeri Sidorejo Kidul 02 pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo Kidul 02 yang berjumlah 23. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase keterampilan pemecahan masalah  siswa yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 9 menjadi 15 peserta didik dengan  rata-rata 74,21. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM mencapai 15 orang dengan rata-rata 82.86. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 80 % disiklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. begitu juga dengan aktivitas guru. Pada siklus I menunjukkan presentase 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena siswa mulai memahami konsep pemecahan masalah Matematika. Dan guru menggunakan media realia yang dapat membatu siswa memahami konsep pemecahan masalah Matematika melalui langkah-langkah pembelajaran  Problem Based Learning. Siswa lebih antusias dan aktif mengikuti setiap proses pembelajaran, lebih berani di dalam menyampaikan gagasan dan melakukan kegiatan tanya jawab bersama guru. Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Matematika, Problem Based Learning, Media  Realia 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...