Mimbar Ilmu
Vol. 26 No. 2 (2021): Augustus

Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik

Yuliana Yosefina Kiabeni (Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Nyoman Kanca (Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Wayan Artanayasa (Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Peserta didik mengalami kesulitan dalam melakukan senam lantai. Hal ini disebabkan proses pembelajaran senam lantai masih terpusat pada guru dan rendahnya aktivitas siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas V SD. Rancangan penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan pendekatan “treatment by level” dengan desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANCOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan peserta didik dengan minat belajar tinggi, yang menggunakan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar senam lantai lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini berdampak pada terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan berpengaruh pada hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...