Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANJAR JAWA

Wiranata, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual di kelas VB SDN 3 Banjar Jawa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 3 Banjar Jawa Tahun ajaran 2017/2018, sebanyak 32 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar matematika dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk esai. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I persentase hasil belajar matematika mencapai 74,06% berada pada kategori sedang dan pada siklus II mencapai 85,31% berada pada katagori tinggi sehingga terjadi peningkatan persentase hasil belajar matematika mencapai 11,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB di SD Negeri 3 Banjar Jawa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...