Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Agama Hindu pada siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar di kelas IX C yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu cukup rendah. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 36 orang siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada awalnya 70,00 pada siklus I menjadi 74,02 dan pada siklus II menjadi 79,58. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IX C semester II SMP Negeri 2 Gianyar. Kata kunci: model pembelajaran Snowball Throwing, prestasi belajar Agama Hindu
Copyrights © 2019