Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 2 No. 2 (2019): Agustus 2019

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Suparmi, Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan subyek guru-guru di SD Negeri 2 Banjar Bali Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian selama 3 bulan yaitu Maret sampai dengan Mei 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif terhadap RPP buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa dengan supervisi akademik tersebut kompetensi  pedagogik guru dalam menyusun RPP mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi awal: cukup: 7 orang (87,5%), baik: 1 (12,5%) dan amat baik: tidak ada (0 %); siklus I: cukup: tidak ada (0%), baik: 2 (25%), amat baik 6 ( 75%); Siklus II cukup: tidak ada (0 %), baik:  tidak ada (0 %) dan amat baik: 8 orang (100%). Jadi disimpulkan bahwa Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi guru di SDN 2 Banjar Bali Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Kata kunci: kompetensi pedagogik guru, rencana pembelajaran, supervise akademik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...