Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 2 No. 2 (2019): Agustus 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Utami, Ni Made Sepria (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 149 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Dauhwaru yang berjumlah 20 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 4 Dauhwaru yang berjumlah 25 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Dilihat dari hasil uji-t diperoleh thitung = 3,06 dan ttabel  (db = 43 pada taraf signifikansi 5% ) = 2,021. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel , sedangkan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle adalah 19,35 lebih besar dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 15,32. Dengan demikian, model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata Kunci: Hasil Belajar IPA,  Inside Outside Circle

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...