Rendahnya kompetensi pengetahuan matematika siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbasis Penilaian Portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh kelas V SD sebanyak 242 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas V SD N 1 Panjer sebanyak 40 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 2 Panjer sebanyak 39 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,18 dan kelompok kontrol adalah 70,85. Berdasarkan hasil analisis uji data pada alpha 5% (dk = 77, thitung = 4,971, dan ttabel = 1,991) dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan matematika antara kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan bahwa model PBL berbasis Penilaian Portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020