Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 3 No. 1 (2020): Mei 2020

Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Anggreni, Ni Wayan Yurita (Unknown)
Agustika, Gusti Ngurah Sastra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan matematika siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbasis Penilaian Portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh kelas V SD sebanyak 242 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas V SD N 1 Panjer sebanyak 40 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 2 Panjer sebanyak 39 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t polled varians). Nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,18 dan kelompok kontrol adalah 70,85. Berdasarkan hasil analisis uji data pada alpha 5% (dk = 77, thitung = 4,971, dan ttabel = 1,991) dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan matematika antara kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan bahwa model PBL berbasis Penilaian Portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...