Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reiabilitas instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak kewajiban dan tanggung jawab kelas V SD. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model RDR (Research Development Research) Subyek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn yang berupa kisi-kisi instrumen, penilaian tes dalam bentuk uraian dengan jumlah soal sebanyak 20 butir serta rubrik penilaian. Instrumen kemampuan berpikir kritis ini telah diuji oleh dua orang pakar/ahli untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis uji validitas isi didapatkan hasil sebesar 1.00 yang berada pada kategori sangat tinggi, dan berdasarkan uji validitas butir diperoleh nilai tiap butir instrumen yaitu r hitung > r tabel. Sehingga keseluruhan butir instrumen dinyatakan valid. Serta hasil analisis uji reliabilitas instumen kemampuan berpikir kritis sebesar 0.84 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi.
Copyrights © 2020