Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 4 No. 3 (2021): November

Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring

Aretsa Zana Ayunda (Universitas Ahmad Dahlan)
Unik Hanifah Salsabila (Universitas Ahmad Dahlan)
Nawal El Zuhby (Universitas Ahmad Dahlan)
Santi Mahmuda Urbaningkrum (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Masa pandemi yang terjadi saat ini memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan usaha untuk tetap melaksanakan pembelajaran maka sistem pembelajaran normal dialihkan menjadi pembelajaran daring. Adanya pandemi menyebabkan kinerja guru menurin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja guru di masa pandemi dengan sistem daring. Jenis penelitaian ini menggunakan metode penelitian literatur atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru memiliki beberapa faktor penunjang dalam meningkatkannya yaitu motivasi pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya, pemahaman dan penguasaan materi pendidik, pembuatan metode dan strategi yang kreatif dan tepat, dan lain sebagainya. Dalam meningkatkan kinerja guru pasti ada hambatan-hambatan yang terjadi apalagi pada masa pandemi dan dengan sistem daring. Hambatan-hambatan yang terjadi berada diseputar penyedian sarana dan prasarana, penerapan metode dan strategi, dan monitoring peserta didik. Dalam mengatasi hambatan- hambatan yang terjadi diperlukan strategi penyelesaiannya. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan profesionalisme guru, mengadakan pelatiahan-pelatihan atau webinar untuk guru, memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia dengan semaksimal mungkin, dan memotivasi guru agar semangat dalam meningkatkan kinerja nya. Implikasi penelitian ini guru dapat meningkatkan kinerja selama pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...