Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan tingkat motor educability terhadap hasil belajar keterampilan groundstroke forehand dan backhand mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan (IKOR) tahun 2014. Pendekatan pembelajaran yang diteliti dalam peneletitian ini adalah pendekatan pembelajaran terpusat dan pendekatan pembelajaran acak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan penelitian faktorial 2x2. Penelitian dilakukan di Jurusan IKOR FOK Undiksha dengan subjek penelitian mahasiswa Jurusan IKOR yang mengambil mata kuliah TP. Wawasan Kecabangan Olahraga Tenis Lapangan Tahun Akademik 2014/2015. Data dianalisis dengan uji ANAVA 2 jalur (Two Way ANAVA) pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan bantuan program SPSS 16.0.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan groundstroke forehand dan backhand tenis antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran terpusat dan siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran acak. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan groundstroke forehand dan backhand tenis antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan motor educability tinggi dan siswa yang memiliki tingkat kemampuan motor educability rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan tingkat kemampuan motor educability terhadap hasil belajar keterampilan groundstroke forehand dan backhand tenis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015