Sebagian besar siswa di kelas IXA1 SMP Negeri 3 Sawan belum mencapaitingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 75. Darikekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakansebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas.Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakahpenerapan model pembelajaran Creative Problem Solving denganMetode Drill mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimakdialog interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian yangdilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan,pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnyamemfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar danmelaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukanrefleksi, terjadi peningkatan hasil bel;ajar siswa dari rata-rata nilai 71,50meningkat menjadi 78,86 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklusII meningkat menjadi 80,54. Data tersebut menunjukkan keberhasilanpelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnyapeneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran CreativeProblem Solving dengan Metode Drill dapat meningkatkan prestasibelajar siswa dalam menyimak dialog interaktif pada pembelajaranBahasa Indonesia.
Copyrights © 2018