Proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan pada semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,80 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 24,00% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 77,12 dengan ketuntasan belajar 72,00% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 82,08 dengan ketuntasan belajar 100%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan.
Copyrights © 2018