Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning

Nyoman Suryani (SMPN 3 Sawan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan pada semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,80 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 24,00% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 77,12 dengan ketuntasan belajar 72,00% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 82,08 dengan ketuntasan belajar 100%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...