M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline

Blended Learning: Kemampuan Berpikir Kritis, Self Concept, dan Mathematics Anxiety Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak

Mellawaty, Mellawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Artikel ini melaporkan studi mengenai kemampuan berpikir kritis matematis, self concept, dan mathematics anxiety calon guru matematika pada mata kuliah aljabar abstrak teori ring dengan penggunaan model pembelajaran blanded learning pada masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja dan angket. 19 calon guru matematika terlibat selama penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa blanded learning mampu mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis, self concep, dan matethematics anxiety calon guru matematika yang mengampu mata kuliah aljabar abstrak teori ring selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Adapun kesulitan yang dialami oleh calon guru matematika dalam pembelajaran blanded learning selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat, yaitu yang berkaitan dengan pembelajaran online dimana sampel terkendala oleh jaringan internet, kuota internet, serta kesiapan pelaksanaan proses pembelajaran dalam mata kuliah aljabar abstrak teori ring. Hal ini disebabkan karena sampel berasal dari keluarga menengah kebawah sehingga mereka terkendala biaya untuk kuota internet. Selain itu, 90% sampel berasal dari daerah Indramayu yang berbatasan dengan kabupaten disekitar, dimana akses jaringan internet masih sulit digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...