Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 8 No. 2 (2020): December

Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V

Lestari, N. M. D. D. (Unknown)
Wiyasa, I K. N. (Unknown)
Manuaba, I. B. S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD yang berjumlah 226 siswa, sedangkan sampel berjumlah 76 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan memberikan posttest dalam bentuk tes objektif yang berjumlah 36 butir. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 yaitu 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...