Kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menunjang pembelajaran secara mandiri disituasi pandemi covid-19 menjadi dasar rendahnya minat dan motivasi belajar siswa. Penggunaan media sederhana cenderung menyebabkan siswa cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian meliputi 3 orang ahli dan 9 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket atau kuesioner, wawancara, pencatatan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif danĀ analisis deskriptif kuantitatif. Hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh skor 100% (berkualifikasi sangat baik), hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 100% (berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor 97% (berkualifikasi sangat baik), hasil review uji coba perorangan memperoleh skor 94,4% (berkualifikasi sangat baik), dan hasil review kelompok kecil memperoleh skor 93,4% (berkualifikasi sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media video animasi yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas VI sekolah dasar. Implikasi penelitian ini yaitu video animasi ini dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran IPA.
Copyrights © 2021