Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 9 No. 1 (2021): June

Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif

Indra, Donal (Unknown)
Maksum, Hasan (Unknown)
Abdullah, Rijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2021

Abstract

Masih banyak guru yang belum mampu menerapkan model pembelajaran inovatif pada siswa. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa belajar mandiri berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Media Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan IDI (Instruksional Development Institute) yang terdiri atas tahapan define, develop, dan evaluate. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 37 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistic kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian yaitu validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid pada aspek materi dengan total nilai validitas adalah 0.80, sedangkan pada aspek media valid dengan total nilai 0.86. Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif berdasarkan respon guru setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 91.78%, sedangkan berdasarkan respon siswa setelah melalui uji coba dinyatakan sangat praktis dengan total nilai 80.21%, Efektifitas Media Pembelajaran Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dengan setelah menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa belajar secara mandiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...