Booklet merupakan media pembelajaran berukuran kecil yang penyajiannya jauh lebih singkat daripada buku dengan satu topik materi, sehingga memudahkan peserta didik untuk dibawa kemana-mana. Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa sebanyak 82% peserta didik kesulitan memahami materi Kingdom Animalia serta diketahui bahwa selama proses pembelajaran sudah digunakan media pembelajaran berupa buku paket dan LKPD. Namun, peserta didik masih membutuhkan sumber bahan ajar tambahan pada materi Kingdom Animalia dengan sebanyak 82% peserta didik setuju dalam pengembangan booklet dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi kingdom animalia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas booklet pada materi Kingdom Animalia kelas X SMA/MA yang telah dikembangkan dengan menggunakan tiga tahapan dari model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate) yang dilakukan sampai tahap develop, yaitu uji validitas kepada dosen biologi dan guru biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deksriptif. Hasil rata-rata nilai validasi booklet adalah 97.66% dengan kategori sangat valid, dengan uraian dari 4 aspek penilaian yaitu 94,80% pada aspek kelayakan isi, 100% pada aspek kebahasaan, 95,83% pada aspek penyajian, dan 100% pada aspek kegrafikan. Kesimpulan uji validitas booklet pada materi Kingdom Animalia memnuhi kategori sangat valid dan dapat diujicobakan pada penelitian selanjutnya.
Copyrights © 2021