Kurangnya buku-buku pembelajaran IPA, sehingga bahan ajar yang digunakan guru masih merupakan bahan ajar biasa atau bahan ajar pasif dan kurang menarik. Di samping itu, metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan menciptakan bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif yang valid dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian dilakukan 2 uji ahli media, 2 uji ahli produk, uji kelompok kecil yakni kepada 5 orang siswa dan 2 orang guru mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menggunakan lembar validasi serta angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Perolehan hasil rata-rata kevalidan bahan ajar yang dikembangkan dari validator sebesar 3,77 dengan kriteria valid dan hasil rekapitulasi angket respon siswa dan guru sebesar 3,74 dengan kriteria praktis. Maka, bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif untuk siswa kelas VIII SMP layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini, yaitu dihasilkannya bahan ajar interaktif IPA berbasis kontekstual interaktif dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar yang membantu belajar siswa.
Copyrights © 2022