Kurangnya sumber belajar maupun penggunaan bahan ajar pembelajaran yang bervariatif, inovatif, dan interaktif berdampak pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses pengembangan LKPD berbasis cooperative learning tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli isi pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 8 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi desain pembelajaran sebesar 88% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli media pembelajaran sebesar 87% dengan kualifikasi baik. Hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji perorangan sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil review dari uji kelompok kecil sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis cooperative learning tipe TSTS layak dikembangkan dan digunakan untuk proses pembelajaran.
Copyrights © 2022