EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Vol 5 No 1 (2022): Maret

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROSES MUJAHADAH DAN RIYADAH DI YAYASAN TAMAN PENDIDIKAN ISLAM PONDOK PESANTREN SMK DARUL ULUM BAURENO BOJONEGORO (Penelitian Kualitatif Pembentukan Karakter di Sekolah berbasis Pondok Pesantren)

Ahmad Kholil (SMK Darul Ulum Baureno)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Pendidikan karakter bangsa akhir-akhir ini masih menjadi issu menarik. Kebijakan terbaru adalah Peraturan Presiden tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Implementasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah belum memuaskan. Perlu perspektif dan alternatif lain dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Karkater di Sekolah berbasis pondok pesantren yang merupkan pendidikan asli bangsa Indonesia memiliki kekhasan dan pendekatan yang berbeda. Makalah ini akan mengkaji pola pembentukan karakter di pondok pesantren. Melalui penelitian kualitatif dari studi lapangan di Yayasan Taman Pendidikan Islam Pondok Pesantern SMK Darul Ulum Baureno Bojonegoro menyimpulkan bahawa ; pola pembentukan Karakter melalui mujahadah dan riyadlah yang diterapkan di pondok pesantren atau sekolah memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan yang dilakukan di sekolah atau madarasah yang tidak berbasis pondok pesantren. Konsep akhlak yang diterapkan menunjukkan nilai baik dan buruk diukur dengan dorongan niat yang baik, maslahat di dunia, untuk kebahagiaan di akhirat dan sesuai syari’at yang tertuang dalam kitab-kitab turats.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edureg

Publisher

Subject

Education

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. ...