EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Vol 5 No 1 (2022): Maret

INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH DI MA ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN ATTANWIR DESA TALUN KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Abdullah Rofiq (MA Islamiyah Attanwir Talun-Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan mendapatkan kriteria baik apabila mampu mencetak output yang berkualitas dan berkarakter, itu akan berhasil salah satunya dengan merancang dan menerapkan kurikulum pendidikan yang baik berupa integrasi kurikulum pesantren dan kurikulum Madrasah Aliyah Di MA Islamiyah Pondok Pesantren Attanwir Desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Meski dalam prakteknya cukup banyak lembaga–lembaga pendidikan Islam yang cenderung meningkatkan dimensi keakhiratan semata. Awal kehadiran pondok pesantren bersifat tradisional untuk mendalami ilmu-ilmu agama Islam sebagai pedoman hidup (tafaqquh fi al-din) dengan menekankan pentingnya moral dalam bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis integrasi kurikulum pesantren dan kurikulum Madrasah Aliyah Dipondok Pesantren Attanwir Desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro yaitu bentuk integrasi kurikulum. Secara garis besar tahapan penelitian dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan penelitian dan tahapan penyelesaian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Telah ditemukan tiga bentuk integrasi kurikulum yaitu bentuk Dakhilat Ta’lim wal Mudarosah sama dengan istilah kegiatan intrakuriluler, bentuk Khorijat Ta’lim wal Mudarosah sama dengan kegiatan kokurikuler, bentuk Mutammimat Ta’lim wal Mudarosah sama dengan konsep kurikulum ekstrakurikuler.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edureg

Publisher

Subject

Education

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. ...