Dalam kegiatan belajar dan mengajar, buku begitu memiliki peran yang sangat penting dan tidak terpisahkan. Penggunaan buku teks yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan buku teks mampu membantu pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian dalam artikel ini dilatarbelakangi pentingnya penelitian buku teks Bahasa Sunda. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mendeskripsikan relevansi tujuan dan isi pada buku teks rancage diajar Bahasa Sunda kelas VII tingkat SMP/MTs terhadap kurikulum daerah muatan local 2013 revisi 2017. Metode dalam penelitian tersebut termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan dokumentasi. Instrumen alat bantu yang digunakan yaitu check-list. Sumber data penelitian yaitu buku teks Rancagé Di Ajar Bahasa Sunda kelas VII SMP/MTs. Hasil yang ditemukan menunjukkan buku teks Rancagé Diajar Bahasa Sunda memiliki tingkat relevansi yang cukup baik. Dari 8 Bab materi, terdapat 2 materi yang relevan dan 6 materi yang kurang relevan. Materi yang memiliki kategori relevan yaitu pada Bab ke-1 Paguneman dan Bab ke-8 Aksara Sunda. Sementara itu, kategori kurang relevan yaitu Bab ke-2 Kaulinan Barudak, Bab ke-3 Pupujian, Bab ke-4 Pangalaman Lalampahan Pribadi, Bab ke-5 Dongéng Sasakala, Bab ke-6 Iklan Layanan Masyarakat, dan Bab ke-7 Sajak.
Copyrights © 2022