Indikator lulusan Program Pendidikan Bahasa Inggris adalah mahasiswa mampu berkomunikasi setara level post-Intermediate. Data survey menunjukan kemampuan input mahasiswa awal semester berada pada level madya (Beginner-Intermediate)yang dapat diindikasikan dengan kurang lancarnya komunikasi dan mengekspresikan ide. Oleh karena itu, peneliti membuat aplikasi “tabel mice” untuk mempercepat mahasiswa menguasai tenses dan menggunakannya dalam komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kinerja aplikasi “tabel mice” dalam membantu mahasiswa memahami Tenses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi langkah-langkah Brog and Gall yang diimplementasikan dalam 5 langkah, yaitu 1) Pengumpulan Informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba terbatas, 5) revisi produk. Hasil Penelitian menunjukan bahwa data validasi ahli bahasa masuk dalam kategori “sangat baik” (91,25%) dan ahli media masuk dalam kategori “sangat baik” (92,5%), hasil angket lembar penilaian pengguna yang mencapai 224 (48,70%) jawaban sangat setuju, 231 (50,22%) setuju, 2 (0,43%) jawaban kurang setuju, dan 3 (0,65%) tidak setuju dari total 460 (100%) jawaban. Data pre-test dan post-test menunjukan peningkatan dalam kategori “sedang”, pemahaman tenses mahasiswa meningkat 30,18% dengan nilai N-Gain 0,30. Data tersebut membuktikan bahwa aplikasi “tabel mic”e adalah aplikasi yang baik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman tenses mahasiswa. Abstract The English Departments’ graduates Indicator is able to communicate as post- intermediate level. The survey data shows that the input of students in early semester communication in early semester is in the beginner up to Intermediate level, they are not fluent in communication and expressing idea. Therefore, researcher produces an android application “Tabel Mice” to accelerate students comprehending tenses and use it in daily communication. The purpose of this study is to identify the effectiveness of the application (Tabel Mice) in helping student comprehending tenses. The Method used in this study is Research and Development (R&D) by adopting the steps proposed by Brog and Gall which is implemented in 5 steps, thaye are 1) Gathering Information, 2) Planning, 3) Developing product, 4) Disseminate, and 5) Revision. The data gathered from language expert validation is categorized as “excellent” 91,25% and 92,5% from media expert validation. The questionnaire data contains 460 answers, 224 (48,70%) strongly agree, 231 (50,22%) agree, 2 (0,43%) slightly disagree, and 3 (0,65%) disagree. The pre-test and post-test data shows Medium level of improvement, the students tenses comprehension improved 30,18% with N Gain 0,30. This indicates that “Tabel Mice” is suitable for improving students tenses comprehension.
Copyrights © 2022