Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SUNGAI PENUH

Ulan Agustina (Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi)
Fadrina Fadrina Saputri (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh)
Eny Sepriyanti (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Penuh)
M Hidayat (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui pelaksanaan asesmen autentik di SMAN 1 Sungai Penuh, 2)mengetahui faktor pendukung asesmen autentik dan 3)faktor penghambat asesmen autentik. kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021, dengan subjek penelitian yaitu siswa 10 Mipa 2 dan 10 Mipa 5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap dua orang guru fisika di SMAN1 Sungai Penuh  Ditemukan hasil bahwa SMAN 1 masih belum afektif dalam melaksanakan asesmen autentik. Masih banyak jenis-jenis asesmen autentik yang belum dilaksanakan dengan baik dan hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor penghambat . Asesmen penilaian proyek, kinerja maupun portofolio membutuhkan waktu yang cukup maksimal dalam pelaksanaannya serta membutuhkan perencanaan kegiatan sebaik mungkin Tingkat kemampuan pemahaman siswa. Tingkat kemampuan pemahaman siswa berbeda-beda. Adapun solusi untuk menangani hal tersebut untuk praktikum atau penilaian kinerja ,proyek atau portofolio bisa dilakukan secara mandiri dirumah untuk meminimalisir waktu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...