Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK DI SMA NEGERI 1 SAROLANGUN PADA MATA PELAJARAN FISIKA: INVESTIGASI PEMBELAJARAN ONLINE

Nurhaliza HS (Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi)
Nurlista Nurlista (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sarolangun)
M Hidayat (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan asesmen autentik dalam pembelajaran Fisika, menganalisis kesulitan guru dan faktor penghambat penggunaan asesmen autentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu study kasus melalui wawancara dengan 8 pertanyaan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru Fisika di SMA Negeri 1 Sarolangun. Sample dalam penelitian ini adalah salah satu guru Fisika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen autentik mengubah peran siswa dalam proses asesmen, dari sifat pasif menjadi partisipan aktif, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerjasama dan dapat berpartisipasi dalam mengevaluasi kemajuannya. Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...