JMBA (Jurnal Manajemen dan Bisnis asmi)
Vol 3 No 2 (2017): SEPTEMBER 2017

Pengaruh kualitas jasa pelayanan ekspor dan kualitas pelayanan impor terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelayaran Utama Karyamaju

Amrin Soamole (Institut Bisnis dan Multimedia asmi)
Ratna Juwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ekspor dan kualitas pelayanan impor terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelayaran Utama Karyamaju. Indikator penelitian kualitas yaitu kecepatan, keramahan, ketepatan dan kenyamanan. Indikator kualitas pelayanan yaitu reability, responsive, assurance, emphaty dan tangible. Indicator kepuasan pelanggan yaitu service, price, image dan over all satisfaction. Metode penelitian ini merupakan penelitian primer dengan populasi dan sampel kecil yaitu 30 responden, menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner untuk mendapatkan data primer dan sumber dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder. Sedangkan untuk metode analisis data, menggunakan analisis regresi dan korelasi serta uji hipotesis dengan memanfaatkan fasilitas SPSS for windows. Metode analisis data yang digunakan yaitu koefisien korelasi, analisi koefisien determinasi, analisi persamaan regresi sederhana, dan analisi uji t-hitung, dan uji F. Hasil penelitian kualitas pelayanan jasa ekspor ditemukan positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa freight forwarding pada PT Pelayaran Utama Karyamaju, terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan jasa ekspor dan kualitas pelayanan jasa impor dengan kepuasan pelanggan. Disarankan agar manajemen PT Pelayaran Utama Karyamaju terus memperhatikan kualitas pelayanan kepada pelanggan agar memenuhi kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JMBA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis is committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles, that have a high impact on the management field as a whole. The journal encourages new ideas or new perspectives on existing research. The journal covers such areas as: Business ...